2016/05/26

Kei car dan LCGC - Perbandingan



Pada dua post sebelumnya (Mobil kei car, Mobil LCGC), kita sudah tahu apa itu kategori mobil kei car dan kategori mobil LCGC. Nah, sekarang mari kita bandingkan kedua kategori mobil ini dari berbagai aspek.

1.   Mesin
Mesin mobil kei car paling maksimum adalah 660cc (63 HP). Walaupun kapasitas mesinnya kecil, tenaga yang dikeluarkan hampir sama dengan mesin mobil LCGC dengan kapasitas 1000cc (67 HP). Kenapa bisa begitu? Ini dikarenakan mesin kecil kei car memiliki turbocharger yang menambah tenaga tanpa menambah berat mobil terlalu banyak.


2.     Dimensi
Dimensi mobil LCGC hampir sama dengan kei car. Namun, mobil LCGC lebih panjang sedikit (3,6 m) dan lebih lebar sedikit (1,6 m). Dimana kei car hanya 3,4 m (Panjang) dan 1,4 m (Lebar).


3.   Kapasitas penumpang
Mobil LCGC kapasitas penumpangnya boleh 2 kursi, 4 kursi, bahkan sampai 7 kursi pun tidak apa-apa. Dalam artian tidak ada regulasi yang mengatur banyaknya kursi di mobil LCGC. Tidak seperti mobil kei car, kapasitas penumpangnya dibatasi maksimum 4 kursi.

4.   Insentif
Insentif yang diberikan untuk kategori kei car ada berbagai macam. Seperti, insentif bea cukai, pajak berat mobil, asuransi dan pajak tahunan. Lain halnya dengan mobil LCGC yang hanya diberikan insentif berupa diskon PPnBM (Pajak Pertambahan nilai Barang Mewah) sebesar 25%, 50% dan 100%.


5.   Harga
Harga mobil LCGC lebih murah ketimbang kei car, karena harga LCGC berada dikisaran harga lebih dari 100 Jutaan. Sedangkan kei car dibanderol lebih dari 1 Juta yen, atau dalam kurs rupiah 122 Juta rupiah lebih. (belum termasuk berbagai macam pajak di Indonesia).

6.     Desain
Silahkan nilai sendiri
7.   Teknologi
Dalam hal teknologi, mobil LCGC kalah jauh dibandingkan dengan kei car. ESP, Hybrid, Airbag, ABS, dan EBD merupakan contoh dari kebanyakan teknologi yang telah disematkan di berbagai kei car. Sedangkan LCGC, sampai sekarang hanya ada Airbag dan ABS.

Disini terlihat bahwa kei car merupakan mobil yang lebih baik daripada mobil LCGC. Ini dikarenakan pemerintah Jepang yang memberikan banyak insentif ke kategori mobil ini sehingga harga menjadi terjangkau (bagi warga Jepang) tanpa mengurangi fitur kenyamanan bahkan faktor keselamatan konsumen. Maklum, karena kei car sudah melalui banyak perubahan dalam hal regulasi seperti yang ada di post tentang sejarah kei car

Sedangkan mobil LCGC yang pada dasarnya merupakan kategori mobil yang masih cukup baru dan masih banyak kekurangan. Tujuan awalnya untuk memberikan masyarakat menengah kebawah merasakan mobil dengan harga dibawah 100 juta dan irit bahan bakar. Namun untuk menekan harga, mobil LCGC mengurangi fitur kenyamanan dan keselamatannya. Banyak yang mengatakan bahwa peraturan mobil LCGC masih belum jelas dan hanya menambah konsumsi bbm bersubsidi. Namun, kategori mobil ini masih mempunyai kesempatan, karena peraturannya mulai dievaluasi kembali oleh pemerintah dan semoga saja dapat bernasib baik seperti kei car.

Sumber : More Blog


0 komentar:

Post a Comment